Jika salah satu dari aplikasi grafis Adobe, misalnya Photoshop, kita ibaratkan sekotak krayon, maka CS3 Master Collection adalah sebuah laci dengan krayon, marker, kuas dan pensil yang masing-masing tersedia dalam ratusan warna.

Aplikasi suite dari Adobe menghadirkan beberapa aplikasi grafis pilihan dalam satu paket. Seperti misalnya Creative Suite 3 Production, Creative Suite 3 Design dan Creative Suite 3 Web, baik versi standar maupun premium.

Tetapi pada Creative Suite 3 Master Collection, Anda mendapatkan semuanya. Terdapat 17 aplikasi didalamnya, sebut saja mulai dari Acrobat 8 Pro, After Effects CS3 Pro, Bridge CS3, Contribute CS3, Dreamweaver CS3, Fireworks CS3, Flash CS3 Pro, Illustrator CS3, InDesign CS3, Photoshop CS3 Extended, Premiere Pro CS3 dengan Encore CS3 dan OnLocation, Soundbooth CS3, dan tidak ketinggalan Ultra CS3.

Adobe Master Collection telah menyertakan versi paling baru dari Photoshop, yaitu Photoshop CS3 Extended yang sudah terintegrasi dengan video-editing tool dan Illustrator untuk manipulasi vector.

Aplikasi lain akan menjawab kebutuhan apapun dalam dunia grafis dan publishing, seperti InDesign yang akan menangani layout pracetak, Acrobat yang akan menangani interaktif profesional, dan gerombolan Dreamweaver, Fireworks, Flash dan Encore yang akan menemani webmaster untuk mewujudkan sebuah web paling mutakhir yang pernah ada.

Premiere dan After Effects akan menangani edit video. Berbeda dengan Premiere versi sebelumnya, pada versi terbaru ini Premiere dapat berjalan pada Mac dan Ultra berdampingan dengan chromakey-nya.

Masih banyak lainnya: Soundbooth yang menangani edit audio dan OnLocation dalam edisi repackage yang didalamnya terdapat DVRack yang lebih ringan akan membantu videografer mengambil shoot baik di studio maupun di luar ruangan.

Terdapat juga Version Cue sebagai file version manager dan Bridge sebagai pusat kendali konten. Sementara jika Anda berada dalam tim besar yang didalamnya terdapat grafis desainer, video-maker, audio-editor, marketing, dan tim-tim lainnya, Anda dapat melakukan konferensi pada halaman yang sama dengan Acrobat Connect Web.

Sementara Device Central akan menjawab kebutuhan konten perangkat mobile yang akhir-akhir ini sedang booming. Dengan Device Central, seorang grafis desainer dapat menampilkan desain yang ia buat pada layar perangkat mobile yang library-nya disediakan Device Central. Dan seri-seri gadget yang tersedia sangat update mengikuti peredaran gadget terkini.

Sedangkan tambahan yang melegakan adalah teknologi Dynamic Link yang memungkinkan seorang video-editor dapat berpindah dari Premiere, After Effects dan Encore tanpa meninggalkan proses editing yang sedang berlangsung. Sebagai informasi tambahan, versi CS3 dari Premiere, Soundbooth, Encore dan OnLocation dalam tambahannya untuk dapat memanfaatkan Dynamic Link membutuhkan Mac dengan prosesor Intel.

Sementara aplikasi lainnya dapat berjalan baik pada PowerPC. Tapi perlu diperhatikan, Master Collection tidak memasukkan Lightroom didalamnya. Lightroom adalah aplikasi untuk mengelola photo-library yang lebih luas.

Untuk kebanyakan pengguna, Adobe CS3 Master Collection akan menjadi ‘senjata desain’ paling mematikan yang melengkapi penggunanya dengan senjata apapun yang dibutuhkan untuk medan perang apapun. Apalagi jika membandingkan harga satuan dari masing-masing aplikasi dengan harga Master Collection, tentu saja sebuah perusahaan atau pengguna profesional individual akan menghemat anggaran belanja software desain mereka.

Sayangnya, senjata mematikan ini lisensinya berbasis suite. Jadi Anda tidak dapat membeli dan mendistribusikan aplikasinya dalam workgroup, divisi, atau dalam studio. Sementara hal ini tampaknya adalah cara paling efisien untuk memanfaatkan suatu aplikasi suite sekelas Master Collection.